Jumat, 29 Agustus 2014

OSPEK MAHASISWA BARU FEB UNS 2014

Surakarta, Bapema News - Bagi para mahasiswa baru tentu tidak asing lagi dan harus bersiap dengan yang namanya OSPEK atau Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Di Universitas Sebelas Maret spek disebut dengan OSMARU atau ospek mahasiswa baru. Tahun ini (2014), osmaru UNS, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) diadakan pada 19-21 Agustus 2014 untuk mahasiswa S-1, dan 25-27 Agustus 2014 untuk mahasiswa D-3.
Para mahasiswa baru FEB kembali ke aula FEB setelah melaksanakan upacara di depan gedung rektorat
Pimpinan dan staff FEB
Pada hari pertama, para mahasiswa baru melaksanakan upacara di lapangan rektorat untuk pembukaan OSMARU 2014. Setelah melaksanakan upacara, para mahasiswa baru kembali ke fakultas masing-masing. Para mahasiswa baru FEB didampingi oleh panitia ospek fakultas kembali ke aula FEB untuk pembagian kelompok dan mendapatkan tugas untuk membuat artikel dengan pemikiran sendiri yang berhubungan dengan kesiapan Indonesia menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) atau pasar bebas ASEAN. Pada hari ini juga diadakan pengenalan pimpinan dan staff FEB.
ice breaking dapat berupa menyanyi bersama atau melakukan gerakan-gerakan tertentu
Pada hari kedua, para mahasiswa baru dikenalkan oleh UKM apa saja yang ada di FEB, seperti BEM, Bapema, Himpunan Mahasiswa masing-masing jurusan, KEI (Kajian Ekonomi Islam, Mapala, basket, futsal, teater gadang, dll. Selain itu para mahasiswa baru juga diberi wawasan tentang almamater. 
tong sampah yang dihias
adik-adik mahasiswa baru yang mendapatkan juara karya ilmiah dan
menghias tong sampah menerima hadiah
Pada hari ketiga, para mahasiswa juga diajak untuk berkunjung ke basecamp Himpunan Mahasiswa jurusan masing-masing agar lebih paham dan mengetahui, menyenangkan bukan? Setelah itu mereka haru mengumpulkan tugas tong sampah yang dihias sesuai kreativitas masing-masing. Pada hari terakhir osmaru ini, juara artikel ilmiah mengenai MEA yang terbaik dan hasil pemikiran sendiri, serta juara menghias tong sampah yang paling menarik diumumkan. Selamat untuk adik-adik mahasiswa baru yang berhasil mendapatkan juara!
Panitia OSMARU FEB UNS 2014
Panita osmaru berfoto bersama dengan mahasiswa baru FEB UNS
Oleh: Ika Herniwanti
Foto: Anindya & Farhat Abdat

14 komentar:

  1. KAMPUS PELESTARI BUDAYA

    Fakultas Sastra adalah penyeimbang dari fakultas lainnya,maka universitas adalah Taman Mininya Pendidikan karena ada berbagai fakultas tempat menggodog manusia sesuai lingkungan hidup manusia dari aspek sospol/ekonomi /hukum/kedokteran/ agama/psycologi maupun budaya/sastra/serta ilmu pertahanan dan keamanan.

    Universitas 11 Maret Solo yang didirikan tahun 1976 sudah banyak mencetak para cendekiawan baik di pemerintahan maupun swasta, serta berada di irisan keduanya. UNS harus menjadi PAU (pusat antar universitas) sebagai pusat pengembanagn ilmu pengetahuan sexaligus sebagai pelopor pembaharuan untuk mendukung pemerintah pusat maupun daerah serta swasta. Perguruan tinggi sudah tidak menjadi menara gading namun akan menyatu denagn kehidupan masyarakat sesuai yang dicita citakan manusia sebagai Rahmatan lil Alamin. Kesejahteraan bagi alam semesta artinya dari sinilah ide itu muncul untuk bisa bermanfaat memmpraktekan ilmu praktis yang berkerangka pemikiran jelas serta terukur. Mencari Jati diri itu perlu proses pencairan, hingga kita bisa mengarahkan selain bisa di arhkan. Jika jaman dulu kalla, orang yang berpendidikan itu kalangan tertentu, sekarang sudah tidak demikian hingga terjadi percampuran intelektual menengah dengan intelektual tingkat tinggi. Di dalam praktek bisa berpotensi gesekan antar intelektual, namun dengan panduan etika serta budaya yang penuh local wisdom, kita bisa saling toleran serat saling menghargai. Kita mengetahui posisi masing masing.

    BalasHapus
  2. Mengetahui Posisi Masing Masing:

    Salam buat; Seluruh PR Periode; 2019 s.d. 2023(Pembantu Rektor ) UNS, dhi. Doktor Bandi, Msi, AK.

    Orang berilmu mengetahui PAGARnya: Jelas, kepala kita kadang terkunci oleh siapa tidak keliatan. MAkan bisa banyak belum tentu bisa berdiri. Ternyata qolbu (hati) kita diuji oleh para ahli,baik ahli yang nampak maupun ahli yang tidak nampak, hingga dengan berjalannya waktu mulailah pelan namun pasti kunci2 mulai dibukak. Maka selalu kita berdoa agar diberi KELAPANGAN dada maupun pikiran walalupun BADAN masih mengunci.

    Barangkali ada tahapan untuk membuka BADAN ini, sebagai PENUNTUT ILMU, dimana suatu saat harus di SPJ kan, maka tahapan itu harus diperhatikan. Menunggu giliran itu harus SABAR,ibarat ilmu catur, beteng jarang bergerak ketika mentri sudah action dengan naik kuda, diakui bahwa beteng itu pelurus dengan sudut 180 derajat yang bisa membelah dunia menjadi dua yakni siang maupun malam (dalam situasi normal). Namun ketika terjadi gerhana, maka ada peristiwa pengecualian. Ketika bumi/bulan serta matahari satu garis lurus. setinggi apapun kuliah kita jangan lupa dengan ilmu murni (STM/SMEA/SMA).

    Tidak bisa dibohongin, bahwa etos kerja generasi sebelum ada HP akan berbeda dengan etos kerja setelah ada HP, dengan bukti banyak lagu lama yang bernafaskan kerintihan hati karena persoalan ksh sayang, baik dalam keluarga maupun persahabatan. Itulah awal mulai mengetahui posisi. Pendidikan Pakem masih mengiang di telinga, hingga kita bisa memiliki banyak koleksi karakter yang bisa dimainkan seperti seorang dalang. Itu rahasianya, koleksi karakter bukan hanya koleksi buku saja. Ternnyata banyak cara untuk mengembangkan diri. Ada retjo wanita yang buntung tangannya, ada lingga yoni DSb. Bisa menarik, karena itulah ilmu yang diperoleh non klas.


    Salam buat; Seluruh PR (Pembantu Rektor ) UNS, dhi. Doktor Bandi, Msi, AK.

    BalasHapus
  3. ANEKA JUDUL KAJIAN PENELITIAN



    Analisis Before After:

    Pengaruh perhitungan pajak daerah antara sebelum dan sesudah dikeluarkan perda baru di Kabupaten Kotabaru, Pulau LAut Kalimantan Selatan;

    Kajian pustaka untuk mengetahui perbedaan perlakuan biaya penyusutan di sektor publik dengan sektor privat antara sebelum digunakan standar akuntansi berbasis IFRS dengan standar akuntansi berbasis konvensional.

    Kajian perbedaan kesimpulan antara sebelum dan sesudah proyek Embung di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dengan pendekatan metode laba ekonomi dengan pendekatan laba akunatnsi.

    Kajian tentang batasan Skeptis antara sebelum pemeriksaan dengan setelah pemeriksaan.

    Pengaruh perubahan sistem akuntansi dengan tingkat kecepatan penyusunan laporan keuangan antara sebelum dan sesudah penggunaan teknologi informasi.

    Pengaruh penyusunan laporan Kinerja terhadap kinerja keuangan saat sebelum dan sesudah adanya mandat penyusunan laporan kinerja menurut SAP pada Perusahaan Benih Shang Hyang Seri.

    Pengaruh pelaksanaan tingkat tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI terhadap opini BPK RI antara sebelum dan sesudah adanya tindak lanjut oleh auditee.

    Pengaruh sebelum dilakukan pre tes dengan sesudah dilakukan post tes untuk mengetahui tingkat daya serap mata kuliah teori akuntansi.


    Semoga bermanfaat.....trimaa ksh.


    BalasHapus
  4. MENGAPA SELALU KANGEN DENGAN SOLO:

    Perjanjian itu tidak harus tertulis, walalupun bisa juga tertulis. Entah inspirasi dari mana, ketika aku merasa mentoog larinya ke perpustakaan. Waktu itu ada BPK. PANUT yang orangnya GANTENG koordinator perpustakaan Fakultas Ekonomi UNS Solo. Ditemani staf nya yang aku lupa namanya. Serta 2 (dua) Putri yang berjaga di RUang Masuk Perpustakaan. Beliau sangat hafal aku sering keluar masuk perpustakaan sebagai pengunjung setiya. Dengan PEDEnya aku itu selalu mencari cari koleksi perpustakaan. Apa saat itu pikiranku sedang dikunci termasuk BADANKU??

    BalasHapus
  5. DIKUNCI, itu pertanyaanku sexarang. Lalu apakah sekarang aku tidak dikunci. Bisa membedakan kondisiku sebelum hingga sekarang apa yang dirasakan dalam Baddan ini. Akhirny aku harus perhatian pada masalah kunci, kunci apapun termasuk kunci ilmu, kunci anak. Serta kunci lainnya.

    Jadi aku sexarang mengetahui tentang kunci kunci. Walapun masih teruus belajar sola kunci. Kunci aturan dan atau kunci aplikasi, itu bisa dikembnagkan menjadi lebih dalam lagi, karena Alhamdulillah aku sudah dilapangkan ilmu (dibukak pelan pelan ) oleh Sang Guru yang tidak keliatan. Guru Kampung Menulies di dekat Argomulyo itu, aku diantaranya muridnya . Begitu BPK PANUT

    BalasHapus
  6. Oorang pada tanda tanya, aku itu dekat sama siapa. Sama siapa saja. Sang Guru bBegitu , katanya. Ingat cerita murid Sunan Kali Jogo Si Bagus Burham yang menyenangi pembelajaran jarak jauh. Maka cocok dengan kondisi sekarang yang diminta menjaga jarak. Social Distance itu model pendidikan orang Ningrat dulu. Disiplin namun efektif serta tetap jaga jarak. Tidak pernah komunikasi langsung walalupin sebenarnya ingin mintaa.......................Khan beda caranya. Karena mengetahui tentang kekuatan energi pontensialnya.

    BalasHapus
  7. Berterima ksh pada Sang Guru yang selalu memberikan INOPASI, hingga bisa dilapangkan segala urusan kata beberapa ustad maupun para dosen tersebut. Barangkali ada yang belum pernah merasakan yang namanya "dilapangkan" Dompet sedikit namun bagaimana ples dilapangkan. Masya Allah rasanya..............kita jadi paham kebesarannya serta kekuatannya . Hingga ketika kita mengoreksi skripsi ketika di STIE Muhammadiyah Tangerang menjadi teliti, termasuk alur berpikirnya. Maka bila forum ini terus ada akan kita jadikan forum alternatif bagi DUNIA AKADEMIK, agar jaga jaraknya jangan terlalu jauh gapnya dengan para praktisi, Hingga kita cari jalan tengahnya

    BalasHapus
  8. Dulu dengan sekarang sudah berbeda jauh. Saya orang lama, namun kali ini saya bisa bercontribusi pada aspek:Aturan serta Aplikasi, yang itu disukai jaman Now ini. Aplikasi adalah bagaikan pembantu, yang memiliki CONSTRAINT (Pembatas).

    Aturan juga memiliki CONSTRAINT yang ditampung di pasal pengecualian maupun pasal Aturan Peralihan. Dua kunci pasal inilah yang menjadi titik perhatian. Belum bisa semua aturan di bantu dengan Aplikasi karena variabel pembatas tadi. Nah saat inilah era Convergensi Manual ke Aplikasi. Semua bidang akan terdampak pada era konvergensi ini termasuk Ilmu Auditing maupun Ilmu Sistem Pengendalian Intern maupun Imu Sistem Informasi Manajemen

    BalasHapus
  9. JUDUL: APLIKASI PADA SANGAT DISUKAI. mengapa??

    wong pinter katanya juga punya aplikasi, namun tidak tergantung PLN. Sama khan hanya tidak tergantung PLN, ITU BEDANYA. Aku bisa mengatakan begitu karena aku pernah menjadi OBYEKnya orang pinter, yang tadi itu aku keluar masuk Ruang Perpustakaan BPK PANUT di Universitas SEBELAS MARET SOLO>.

    Benar ungkapan bahwa pasien juga bisa meenjadi pengobat, yah begitu itu. Pengobat serta Penghibur. Ini semua menjadi kunci bagi pengembangan ilmu pengetahuan, seperti peristiwa bencana yang berupa virus Corona ini, berimplikasi pada banyak bidang, termasuk dunia pendidikan harus dipaksa dengan pembelajaran jarak jauh. Seperti Angka 19 di sajadah kecil itu, saat anakku paling kecil masuk POLTEXES Departemen Kesehatan Lulus SMA tanpa tes, kuliah juga demikian. Alhamdulillah serta trimaaksh semua pihak yang telah membantunya. Momentum Kesan.

    BalasHapus
  10. Baik kalo begitu itulah Para Ahli Kimia di SMA Turi , Bener Kota Jogyakarta. Aku tidak lupa khan.........metu mburi aliyas metu pawon, rawani nang ngarep. Yoo aku tak menyesuaikan di bawah saja. Namun tulisanku dimuat Mas Gunarwanto di Kali Batak. Dari Guru Kampung Menulis Moyodan, Sleman, Tanggane Mas Nasware Putrane Pak Hendro, pensiunan BPK RI rambute lurus kae. Ini yang dicari, orang kampung menulies RT 72 RW 27.

    BalasHapus
  11. Juru Kunci Kampus

    FE UNS - UPN/WW - BPK RI- Pramita- Budi - Sant0s0 - STIEM - AP3I adaah kaki berjaan Aku memp0sisikan sebagai sarjana + + juru kunci 0ghika aku pegang gh0ibpun aku rasakan Jadi aku mengkmbinasikan antara gh0ib dengan 0tak kiri Jadi aku menjadi d0sen sekaigus aku bisa menerapi k0ndisi

    Anakku aku terapi setiap hari serta aku didik dengan cara unik karena mereka punya punya banyak karakter Iniah manajemenku karena unik maka pakek cara unik juga Kadang mereka tidak tahu namun aku bisa tahu variabe penggeraknya Tusukan suara adzan, sunguk menusuk mereka Hingga disipin ibadah tidak diupakan Waaupun mereka jarang berdzikir, namun pang 5 tusukan adzan, sungguh uar biyasa di q0bu iin, nesa,aip Entah siapa yang mengisi reung hatinya K - YAI ANGGENG heebaaaaat - siapa saksinya yang diberitahu - sem0ga masih hidup yang memberi tahu tadi Ituah hingga aku pr0kamirkan sebagai juru kunci Terima ksh BPK Drs S0ekar - J0 dengan ibu yang juga PNS BPK RI

    BalasHapus
  12. SAMBUNGKAN DENGAN HIMPUNAN JURUSAN AKUNTANSI FE UNS TANYA JAWAB radi0

    jEMBATAN ITU APA GUNANYA? MENYAMBUNG YANG TERPUTUS, APA SAJA YANG TERPUTUS HARUS ADA JEMBATAN TERMASUK KETIKA BADAN DAN JIWANYA TERPUTUS 0EH GH0IB W0R0 BISA MERASAKAN, HINGGA INI BUKAN TUMBA, NAMUN INI RESIK0 SIAPA YANG SAAH , SEMUA BENAR, KARENA HUKUMANNYA SUDAH DIRASAKAN pSIKIATER, MINUM 0BAT SERTA PINTU ANGIT DIUASKAN PEAN2 SKENARI0 TERBACA TERMASUK SKENARI0 ke0a tugas

    BalasHapus
  13. Y0gyakarta: ISTIMEWA - MENY0NGS0NG GENERASI PENERUS - SEMUA PUTERI IBU GKR HEMAS KITA BACA - JIKA PENGGANTI SRI HB X WANITA MAKA NAMA RAJA WANITA MENGGUNAKAN KATA SRI tidak apa2, NAMUN KATA HB APAKAH AKAN DIUBAH?? teka teki siang Nama itu suatu ujian, maka 0rang jawa masih percaya dengan yang namanya "b0b0t nama" ada kekuatan de jure ada kekuatan de fact0 C0c0k SRI itu nama wanita, bukan aneh ada "SRI YANT0" ini sandi nama

    Mangku Bumie itu juga berat namun sedang di uji c0bakan Begitu Ibu d0kter gigi P Astuty Rahasiya m0h0n maap Mas Budi TeX0m K0ta Karakter tidak bisa sembunyi Begitu Ibu Andry Send0w0 Istimewa akan di TES dan akan dinampakan Bang S0anya KARENA BEUM BERANI DIBUKAK waaupun Aceh sudah tidak Istimewa, bersedia REA masuk DIY

    BalasHapus
  14. KKP kita buat terebih dahuu Baru nanti kita perdaam meaui interaksi dengan mitra kerja Inspekt0rat Kita siyapkan jaur k0munikasi Dengan Pemda yakni meaui Inspekt0rat sedangkan instansi Pusat itu Badan yang punya kewenangan Semua harap stabi daam membaca sik0n Siahkan pimpinan meng0reksi baik kitadengan merayap menyambungkan dengan dipa

    BalasHapus