Jumat, 12 September 2014

LISA, MELIHAT HAL YANG BERBEDA



LEAD : “Beda” menurut KBBI adalah “sesuatu yang menjadikan berlainan antara benda satu dengan benda yang lain”. Bisa dibilang beda merupakan suatu keunikan. Dengan melihat berbagai keunikan baru disekeliling kita, maka kita dapat memperkaya diri kita. Seperti salah satu teman kita, “Elisabeth Beatrix Arnold” atau yang lebih akrab kita sapa dengan panggilan Lisa. Lisa memutuskan untuk datang ke Indonesia tepatnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS, Solo untuk “melihat hal yang berbeda”.


Budaya, bahasa, serta karakter orang-orang Indonesia merupakan hal yang menarik untuk dilihat dan dipelajari bagi Lisa. Ia belajar mengenai Indonesia tepatnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS hanya untuk kertarikan pribadinya akan perbedaan dan Indonesia. Lisa memberikan contoh perbedaan paling nyata yang dirasakannya adalah ketika di Swiss, ia merasa bahwa dirinya hanya terus bekerja tanpa ada waktu bersama teman-temannya. Sedangkan disini, meskipun sibuk mempelajari budaya dan bahasa Indonesia ia masih memiliki waktu bersama teman-temannya,“In there [red. Switzerland] all you do is work. No coffee break and no enjoying time with friends,” jelasnya. Selain belajar mengenai bahasa dan budaya Indonesia, Lisa juga dikenal aktif dalam beberapa English club yang ada di kota Solo.
Lalu bagaimana Indonesia di mata Lisa? Alasan Lisa memilih Indonesia adalah ia menilai Indonesia merupakan negara yang indah, dengan beragam budaya. Salah satu hal yang dikaguminya adalah Indonesia tetap dapat mempertahankan berbagai macam budayanya hingga saat ini. Ia melihat di Indonesia orang-orang masih mau menggunakan batik, menari, dan bermain wayang orang. Tak hanya sekedar menjalankan tradisi yang ada, ia merasa bahwa masyarakat Indonesia masih menikmati segala tradisi yang ada di daerahnya. Tempat-tempat wisata yang beragam seperti gunung Merapi, pantai, dan lain-lain juga turut dinikmatinya. Selain itu, iklim tropis Indonesia, menambah kekaguman Lisa akan bangsa ini. Hal-hal tersebut merupakan keberagaman dan keindahan negara Indonesia yang seharusnya patut untuk dibanggakan dan dijaga. Kini hampir setahun Lisa berada di Indonesia dan ia mengaku bahwa ia menyukai semua hal yang ditemukannya di Solo. Kesan terhadap para mahasiswa yang ada di FEB UNS cukup mengesankan baginya. “Mahasiswa di Indonesia cukup pemalu namun sebenarnya mereka sangat pintar,” jelasnya.
Selama berada di Indonesia hal paling menarik dan “berbeda” bagi Lisa adalah fakta bahwa orang-orang disini sangat suka tersenyum dan hal ini merupakan hal yang biasa bagi kita. Berbeda dengan keadaan di Swiss “tersenyum” bukanlah hal yang normal. Ketika orang disana tersenyum hal yang muncul dibenak mereka adalah “apa anda punya masalah” tapi di Indonesia hal ini berbeda. Menurut Lisa kondisi di Indonesia jauh lebih positif. Dengan fakta yang ada, seharusnya kita mampu untuk lebih bangga terhadap Indonesia dengan selalu menjaga dan melestarikan budaya serta keindahan alam yang ada di Indonesia.
Indah dengan cara yang berbeda, mungkin merupakan kata yang pas untuk menggambarkan kekaguman Lisa terhadap Indonesia dengan keberagaman budaya, keindahan alam yang tidak ada habisnya, dan keramahan warganya. Ditambah lagi, dengan suasana kerja yang ada di Indonesia ketika kita bandingkan dengan negara-negara di Eropa. Di Indonesia, kita bisa tetap bekerja dan menikmati hidup kita. Walaupun merupakan hal yang positif, namun mungkin menjadi tidak terlalu baik ketika kita terlalu santai dengan tanggung jawab yang ada.
Kini, hampir setahun Lisa berada di Indonesia dan bulan September ini ia harus kembali ke negara asalnya. Dia merasa akan sangat merindukan semua hal yang ada disini apalagi dengan banyaknya kenangan indah yang ia miliki selama berada di Indonesia. Setelah kembali ke negaranya, Lisa berencana untuk mengunjungi Bangkok, Thailand. “Tiada henti mencari hal yang berbeda dimana saja”. Seperti Lisa, penting bagi kita untuk juga bersenang-senang sesuai dengan kata hati kita namun tetap memperkaya diri kita.


Oleh: Widya Nandini

1 komentar:

  1. lalu kesibukan Lisa selain kuliah apa yang beda, pernahkah ia killing time di angkringan (hik)? kongkow di parkiran? main basket?
    oh ya, Lisa kuliah jurusan apa sih?

    BalasHapus