Jumat, 29 Mei 2015

SEKTOR INDUSTRI KEUANGAN SYARIAH YANG BERTUMBUH PESAT



Dalam dunia bisnis di Indonesia, jual beli surat berharga sudah banyak dilakukan. Jual beli surat berharga dilakukan dalam Pasar Modal. Definisi pasar modal sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (UUPM) adalah kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan perdagangan efek, Perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek. Seiring berjalannya waktu, menyusul perkembangan sistem Perbankan di Indonesia. Yang sudah banyak bermunculan adalah Perbankan yang berbasis Syariah. Muncul juga Pasar Modal Syariah. Mungkin banyak yang tidak mengetahui apa itu Pasar Modal Syariah, apakah Pasar Modal Syariah sama dengan Pasar Modal konvensional, bagaimana penerapan prinsip Syariah itu sendiri, dan mengapa dibuat pasar modal syariah. Untuk lebih jelasnya kita melakukan wawancara langsung kepada dosen prodi Manajemen di Universitas Sebelas Maret yaitu Bu Salamah.
            Menurut Bu Salamah, Pasar Modal Syariah adalah pasar modal yang seluruh mekanisme kegiatannya terutama mengenai emiten, jenis efek yang diperdagangkan dan mekanisme perdagangannya telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah atau semua ketentuan-ketentuan syariah dijalankan dalam pasar modal syariah. Secara sederhana, pasar modal syariah dapat diartikan sebagai pasar modal yang melaksanakan kegiatan/transaksinya berdasarkan prinsip-prinsip syariah dan tentunya terlepas dari hal-hal yang dilarang Islam, seperti riba, perjudian, spekulasi, dan sebagainya. Yang tidak diperbolehkan masuk dalam pasar modal syariah itu sendiri adalah bank-bank konvensional dan perusahaan-perusahaan go public yang tak memenuhi persyaratan sebagai usaha yang bisa dikatakan syariah. Menurut penjelasan beliau, pasar modal syariah dibuat untuk memenuhi kriteria produk-produk syariah, serta memenuhi demand investor yang mau berinvestasi tetapi tidak mau tercemar dengan bunganya. Dari paparan beliau, unsur-unsur bisnis syariah itu yang pertama adalah keadilan dan keseimbangan. Keseimbangan itu sendiri adalah keseimbangan antara sektor swasta dan sektor riil, karena semua usaha syariah harus lewat sektor riil. Berbeda dengan konvensional yang boleh tidak melalui sektor riil.
            Dari penjelasan diatas sebenarnya pasar modal konvensional dan pasar modal syariah hampir memiliki persamaan yakni keduanya sama-sama bentuk dari investasi. Tetapi juga tidak bisa dikatakan sama, karena dalam pasar modal syariah syaratnya adalah produk yang diperdagangkan, akad, dan pengawasannya, harus dilakukan secara halal berbeda dengan konvensional yang bisa bebas walau sama-sama mendapatkan untung. Oleh karena itu, pasar modal syariah bukanlah suatu sistem yang terpisah dari sistem pasar modal secara kesuluruhan. Tapi akad jual belinya merupakan perbedaan yang signifikan diantara keduanya.

                                  -Nisa-

20 komentar:

  1. Titik Temu Ekonomi Konvensional dengan Ekonomi Syariah:

    oLEH: iNDARS WW drs, MM (UNS:YAI ) dan Alif SE (UMY) serta Amanda SH (UII):


    Aspek penggunaan teknologi informasi serta aspek sistem pengendalian intern mereka bisa bertemu, walalupun bila masuk ke dalam menunya bisa berbeda. Karena di Jaman Milenium ini hanya akan merubah tampilan cara pengolahan data tanpa meninggalkan susbtansi. Paling menonjol adalah tampilan proses data lewat fitur fitur aplikasi. Hingga kadang tidak diperlukan komunikasi antar manusia (humanis) dalam bertransaksi. Itu merupakan kelebihan sekaligus itu juga merupakan kelemahan. Demikian pula aspek sistem pengendalian intern.

    BalasHapus
  2. Soal Substansi memang tidak berubah karena sistem ekonomi konvensional secara sistem ekonomi syariah telah memiliki konsep ilmu yang jelas baik struktur ilmu maupun struktur sistem transaksi telah terkonsep dengan jelas, hingga menjadi sebuah sistem ekonomi yang memiliki basis dengan dasar ilmu. Dimana ilmu ekonomi konvensional merupakan dasar dari sistem ekonomi konvensional sedangkan Al qur an serta Hadis adalah dasar ekonomi Syariah termasuk tentunya Qiyas serta Itjma para cendekiawan muslim serta para alim ulama di bidang ekonomi.

    BalasHapus
  3. Didalam sistem ekonomi konvensional angka pengganda menjadi variable penting dalam penggandaan modal yang menggunakan konsep time value of money. Contoh: Modal RP 1.000.0000,00 dengan angka pengganda 10% selama 6 bulan modal akan menjadi Rp1.100.000,00 di akhir bulan ke-enam, kemudian selama satu tahun menjadi Rp1.200.000,00. DSt. Angka pengganda modal inilah yang sering disebut dengan bunga, dimana kemudian dalam sistem syariah sering disebut variabel prosentase bagi hasil. Angka pengganda ini daalam sistem ekonomi konvensional berkembang hingga terdapat angka pengganda majemuk.

    Dalam soal perhitungan dengan angka pengganda, maka kedua sistem sama dalam formula hitungan, yang membedakan adalah masalah AKHAD. Iilah yang dipahami oleh para Ahli Ekonomi syariah. Akhad menjadi masalah penting karena menayngkut niat serta tidak ada pemaksaan dalam bertransaksi serta ada tanggungjawab bersama dalam ikut serta bertransaksi. Tidak ada pihak yang tertekan. Demikain semoga bermanfaat. Dari: 081326993728:

    BalasHapus
  4. Aku Sudah Menjadi Penulies (SMP) Populair

    Mulainya Biasa Saja (MBS), aku sering dipancing untuk menulis sebuah surat, entahlah apa namanya, surat gadai apa surat suratan, namun belum boleh dikatakan suraatn Takdir (ST). Kata Ustadzah belum boleh disimpulkan begitu, jadi harus begini, usaha dulu, bukan hanya pria yang berusaha. Tidak pernah diceritakan, cerita nabi Muhammad SAW ketika berkenalan dengan Siti Chotijah. Siapakah yang aktip duluan. Waktu itu sebelum menjadi nabi, juga berat bila berhubungan dengan lain jenis. Ingat, ketika dada nabi dioperasi oleh Malaikat, karena sudah dipersiapkan akan menjadi pemimpin dunia, yang itu juga sudah diprediksi oleh Pendeta Nasarani, yang namanya Pendeta Buhairo.

    Sudah dioperasi berarti setelah dioperasi nabi sudah ada benih2 yang ditanamkan untuk menjadi utusan Allah Tuhan Yang Maha Esa. Lalu kembali ke soal Siti Chotijah di atas tadi, bagaimana cara Beliau?? Yang jelas beliau sudah ada benih benih ke Rasulan hingga itu mudah bagi Beliau. Apa lagi hanya soal karo-omah dengan masalah wanita, GAMPANG.........itu. Apa yang bisa dipetik dari hal itu?

    Pelajaran Berharga, bahwa perjalanan hidup manusia itu berliku liku hingga kita bisa menjadi literator, bahwa untuk menjadi penulis populair itu banyak cara. Ada yang awal mulanya banyak menulis surat, ada yang nilai bahasa indonesia itu bagus (tanyakan Ibu Warsini, Dra/WA). juga karena ada yang dikursuskan ke Balai Bahasa Kotabaru.

    BalasHapus
  5. MENJADI ENTITAS UNGGULAN YANG BERBEDA DARI SESAMANYA

    BERBEDA itu bukan berarti melawan kesakralan, bahkan berbeda itu bisa liniear dengan kesakralan. Dari beda beda itu kita akan memiliki pola , bahwa beda2 itu juga pola. Penyeragaman itu bagi sesuatu itu bagus namun ketika lingkungan sudah berubah bahwa penyeragaman harus segera menyesuaikan termasuk aspek pendidikan. Pendidikan itu tidak harus Pakem, namun pakem itu tidak salah. Coba anda amati alam semesta ini, pola hujan di musim hujan tahun ini beda dengan tahun kemarin, nah maka kantor BMKG harus juga segera menyesuaikan prediksinya. Para penyusun kurikulum juga demikian, ketika di lapangan para teknisi sudah bergerak cepat dalam membuat bandara baru, contohnya maka segeralah bidang pendidikan segera menyesuaikan. Gerakan itu butuh asas efektifitas, yang kadang agak mengeliminir pentahapan, karena faktor desakan kebutuhan, hingga variabel pun harus segera dengan mendadak disusun.

    Berat memang, ketika akademik itu terlalu Pakem, ketika berhadapan dengan teknisi, hingga yang banyak disiapkan adalah para teknisi, bukan konseptor akademik. PAra konseptor akademik diperlukan perlu diarahkan untuk menghasilkan teknisi yang handal. Teknisi ahli hukum, teknisi ahli akunatnsi, teknisi ahli psikologi, teknisi ahli psikiater, teknisi ahli kedokteran, teknisi ahli hadist, teknisi ahli pertahanan dan keamanan, teknisi ahli gisi sanitasi., DSB

    BalasHapus
  6. Apa Bedanya Ahli Teknisi dengan Ahli Konsep??

    Jawaban Beginih:

    Ahli Teknik itu hasilnya jelas walalupun belum tentu terlihat;

    Ahli konsep itu persyaratannya lebih berat karena konsep ituharus tertulis jika itu ada Supervisinya. Konsep yang belum dituangkan dalam bahasa tulis itu sukar diawasi, serta sukar alur pikirnya diikuti/dibaca. Selain itu bila terjadi deviasi dengan rencana awal, maka konsep yang tidak tertulis, kadang dianggap tidak akademis, walalupun di lapangan bisa berjalan.

    Contoh: Ahli Pengolah Sampah: Belum tentu bisa membuat konsep tertulis, namun efektip.

    Ahli Pengobat Pijat: Tidak belajar formal namun bisa tahu titik titik simpul syaraf yang harus dipijat.

    Ahli Konsep Tata Kota: Ini baru dituangkan dalam konsep tertulis, karena akan melibatkan banyak keahlihan;

    Ketua Tim Pemeriksa: Apa lagi menggunakan Tim (lebih dari satu orang) jelas harus ada KKP (kertas Kerja Pemeriksaan). Dimana KKP itu akan juga menjadi bahan supervisi serta bahan bukti ketika terjadi sengketa hasil pemeriksaan. Demikian pula proses pengadilan, komunikasi antara hakim dengan terdakwa harus terekam secara terulis di Panitera. Karena hingga sekarang belum ada proses pengadilan secara on line kecuali di Kepolisian RI yang baru saja mencetuskan pengadilan pelanggaran lalulintas atas dasar hasil kerja CCTV.




    Hingga apakah bukti elektronik sudah diatur di KUHAP, itu menjadi bahan kajian antara ahli hukum dengan ahli Teknologi Informasi (diantaranya Roy Suryo), terutama soal saksi. Masalah saksi harus ditambah saksi teknologi informasi yang ditinjau dari "kualitas bukti", itu seperti apa, apakah sejajar dengan bukti dokumen, bagaimana ketika Listrik PLN padam. Syukur bila CCTV sudah menggunakan solarcell.

    BalasHapus
  7. judul: memprogramkan bahasa indonesia ke bahasa pemrograman: Basic Science

    REFERENSI : Majalah Tempo Edisi tanggal 2-28 Desember 2019 di page: 9-10 ada artikel dari: Kementrian PPN/BAPENAS: Yang berjudul: Sistem Informasi Kolaborasi dan Informasi Kinerja (KRISNA).

    INGAT saya pernah ungkapkan dalam tulisan di Block. Pak Doktor Agung serta Doktor Bandi di Magister Akuntansi UNS Surakarta: Pentingnya ahli statistik bersiap untuk memilih metode untuk analisis adanya sinergi (kolaborasi) program dan atau kegiatan hingga berimbas pada penyerapan anggaran. Jadi Program yang saling berklaborasi itu bisa juga dianalisis secara statistik, nah ini rupanya di Kementrian PPN/BAPENAS sudah ada sepertu judul di atas. Haloo pemeriksa keuangan negara serta Badan Diklat, untuk menyikapi hal ini??

    Contoh: dalam bahasa indonesia ada yang namanya kerjasama, ada pula namanya kolaborasi, ada pula sinergi. Ini ada mixer (campuran baik kegiatan/program maupun anggaran). Lalu oleh ahli teknologi informasi dhi. Mas Santoso sera Mas Bayu dibuatkan menunya untuk membantu dirjend perbendaharaan depkeu. guna mengatasi potensi distorsi informasi antara praktek dengan realisasi keuangan.

    BalasHapus
  8. Langsung itu dibuatkan menu menunya, apakah itu ditempatkan pada saat realisasi ataukah juga melalui mekanisme penganggaran. Contoh; Dana desa bisa disinergikan dengan dengan dana desa tetangga yang berdekatan, itulah kolaborasi antar dana desa. Misal: Dana desa untuk program membuat jembatan jalan desa antar desa, dana desa untuk membantu sekolah TK yang berdekatan dengan desa tetangga.

    Pemeriksaan, bagaimana. BPK RI juga tidak mau ketinggalan sudah membuat program bahasa indonesia ke bahasa pemograman, yakni SMP (Sistem Manajemen Pemeriksaan). Nah itu menjadi bukti (KKP) bahwa semua sudah harus segera dialih bahasakan ke dalam bahasa pemrogaman, termasuk cara berpikir. Jadi anda bila membuat pertanyaan seperti anda membuat rumusan masalah ketika menyusun SKRIPSI. INi menjadi pelajaran berharga, bahwa pertanyaan itu juga harus terukur hingga memudahkan mengoreksi pada bab kesimpulan.

    BalasHapus
  9. Kolaborasi sejak dulu kalla ada , bukan barang barang baru (b-3) banyak cerita tentang praktek kolaborasi, namun waktu itu belum ada komputer maupun bahasa pemrograman. Contoh cerita: Sulaiman, ceritanya bandung bondowonso, cerita tongkatnya Musa. Kok berani Nabi Sulaiman memerintah ghoib, ingat Mantan Presiden Gus Dur yang akan mengerahkan ghoib ketika akan sidang PKB (bukan pabrik kertas blabag) di Senayan. Nah sekarang terbukti bahwa juga bukan barang baru, ketika akan dilogikakan dengan bahasa EYD ke bahasa pemrograman.

    BalasHapus
  10. Silahkan Mulai Masuk....................Begini, bahwa pemrograman dari bahasa indonesia untuk keperluan memudahkan dalam bekerja menyediakan data/informasi harus dipahami sebagai alat (tools) hingga bila diperlukan kajian maupun diskusi itu harus diatmosfirkan untuk melayani kebutuhan serta keperluan. Contohnya Begini:

    Dalam pemeriksaan kinerja terdapat paragraf SEBAB: Nah disini banyak alternatif tentang "sesuatu sebab" hingga memunculkan temuan pemeriksaan. Walaupun teman2 programer sudah banyak diskusi dengan para pemeriksa. Bila dimunculkan menu sebab, maka sub menunya: (1)Karena variable Sistem Pengendalian Intern; (komunikasi, lingkungan pengendalian,monitoring dan pelaporan,DSb), (2) Karena variabel tidak terkendalikan yang bersangkutan (kurangnya pemahaman, karena force major ; (3) Karena variable terkendalikan (kartu kendali; perintah lisan namun tertulis; belum sosialisasi) . Itulah contoh membuat "menu sebab" yang bisa diolah lebih baik lagi.

    Tentunya sekaligus menu rekomendasi: Kalo hal ini perlu survei dulu berbagai alternatip rekomendasi, yang tentunya memenuhi indikatornya. Anggota BPK RI sering dimintai rekomendasi dari bawah, karena bagian ini merupakan titik kritis suatu hasil pemeriksaan (ketika kami berdiskusi dengan teman teman di pagi hari itu di perpustakaan). Kadang kami sering berdiskusi banyak, untuk saling berbagi pengalaman walalupun sudah pensiun memeriksa.Itulah makanya dalam menyusus apapun sistemnya selalu dilakukan survei pendahuluan. Survei pendahuluan untuk mengetahui kedalaman pekerjaan yang akan dilakukan termasuk pertimbangan manajemen resikonya. Kita di bawah ini bisa mengetahui tentang masalah rekomendasi, karena secara operasional rekomendasi itu pelaksananya bagian manajemen level yang mana?

    BalasHapus
  11. KETIKA SEMUA BISA DIALIH MEDIAKAN KE BAHASA PEMROGRAMAN:

    oLEH: iNDARS SERTA ANISA


    Kecil yang namanya mengubah/mengalihmediakan ke bahasa pemrograman, itulah yang namanya "inteligence buatan" yakni untuk memerintah mesin teknologi informasi. Syaratnya apa?? Perintahnya seperti kita membuat Rumusan Masalah saat menulis proposal penelitian. Bukan sembarang pertanyaan namun pertanyaan yang mengandung variabel terukur. Maka mesin komputer bersedia menjalan kan tugas atas komando dari bahasa pemrograman tadi. Kata maupun kalimatnya harus seperti ayat mukhammad (pasti) jangan yang masih mengandung ayat mutasyabihat.




    BalasHapus
  12. Bagaikan mesin robot , dia mau melakukan perintah dengan syarat tidak double kamando pada obyek yang diperintah. Contoh: tangan robot kanan yah satu komando, baru boleh bersamaan dengan perintah tangan kiri. Itu logikannya begitu.Driver juga begitu, semua bermain ketika sedang menyetir, baik kaki tangannya maupun teling serta pendengarannya serta mulut.

    Logika secara sederhana begitu , karakteristik dari bahasa pemrograman (maaf saya akuntansi, Mas Anton serta Mas BAyu yang ahli). Nah maka bahasa pemrograman itu juga meniru perintah Anggota Tubuh Manusia, lalu apa kaitannya dengan judul di atas ketika ..............................................................

    BalasHapus
  13. Terlalu cepat kita masuk kesitu namun tidak keliru kita bicara kulitnya saja dulu, untuk memprediksi atmosfir dari kecerdasan buatan tersebut. Pekerjaan SDM banyak terbantu, kantor yang begitu luas serta jumlah yang banyak maka dibutuhkan alat untuk menyajikan serta mengolah data/informasi yang mencerdaskan pengguna. Hingga soal keuangan serta soal SDM bisa dikerjakan dengan sedikit deviasi (begitu khan Mas Santoso). Dengan demikian kecerdasan buatan itu merupakan teknik penyajian data denagn menu2 yang mencerdaskan pemakai, yang melebihi dari menu menu yang ada di EXCEL versi terakhir maupun soft ware audit.

    Langsung lompat saja, suatu saat menganalisis peraturan sudah bisa dilakukan dengan alat kecerdasan buatan, seperti halnya penelusuran keoutentikan karya tulis. Nah mudah dengan alat ini, namun hal ini bisa dilakukan ketika perangkat persyaratan dipenuhi,di antaranya data base aturan sudah dikompilasi secara elektronik.

    BalasHapus
  14. Nah ketika semua bisa dialihmediakan ke dalam bahasa pemrograman, maka atmosfir (wawasan) manusia selaku pemrogram maupun selaku pengguna teknologi informasi ditantang untuk selalu berinovasi untuk menghasilkan sesuatu yang bisa digunakn untuk membuat menu menu terbaru. Agar tingkat kecerdasan dari teknologi informasi tadi terus meningkat, bahkan sebelum yang lain tahu, kita sudah aplikasikan dalam model terbaru. Ini merupakan bentuk besarnay dari sebuah taman mini hape, yang terus menerus muncul dengan merk baru dan atau merk lama versi baru. Menjadi bukti bahwa inovasi itu merupakan kreativitas dari hasil doa kita pada Allah SWt " Mohon dilapangkan segala urusan termasuk urusan inovasi tadi. trimaa ksh.

    BalasHapus
  15. E Pembajakan; Re- Einggeniring, E Segmented.

    Dibikin seeruuuuuuuuuuuuuu khan tiga variabel dibahas secara bersamaan, hingga para pendengar lupa sarapan pagi.Belum lagi, dibahas dari aspek hukum. Itulah cara menggali pembangkit ENERGI dalam sebuah organisasi. Organisasi dibutuhkan pembangkit Energi agar bisa bergerak untuk mencapai Visi maupun tujuannya yang telah ditetapkan. sebagai pembangkit itu banyak caranya, dengan topik yang menarik bisa menjadi umpan, untuk bahan kajian, karena memang rumusan pertanyaannya tidak salah. Ini penting kita dikejar pensiun serta waktu. Maka topikdiatas sungguh sangat menarik. Bila bertujuan untuk memmbangun segmen atau ingin melihat segmen yang muncul, maka akan berbeda kesimpulannya. biyarlah itu amal kita serta itu menjadi ladang mereka. kita bukan pengusaha namun bisa memberi ladang penghidupan, alhammdulillah.........., kita bukan pengusaha namun kita bisa mempromosikannya. iklan bisa menyedot perhatian jika tidak bisa promosii.Itulah namanya membangun segmen sekaligus membangun strata.

    BalasHapus
  16. Dibuat buku juga bisa, ini umpan untuk menyusun buku yang menarik. karena memang ketiganya akan membuat pembelajaran bagi para penyusun aturan, ketiga ada istilah dua terakhir tersebut. Ini menjadi tantangan, dan diskusi lama, bagaimana menyusun draft aturannya, hingga aspek itu bisa terakomodasi, kalaupun belum bisa, bisa dituangkan di dalam aturan peralihan. Perkembangan di lapangan bisa membuat kewalahan para konseptor, yang kadang masih menggunakan referensi lama, karena banyak praktisi belum sempat menulis.

    BalasHapus
  17. "moving" NAMUN TIDAK lupa

    Raja Istimewa Yogyakarta sedang mempersiapkan suksesi, hingga kuncinya sudahb bisa dibaca, yakni wanita, yang secara kebetulan saja, Putri GKR Hemas adalah wanita semua. Raja sekarang yang berkarakter halus serta serta bela "NGENDIKO" cukup dalam maknanya mmbuktkan akan tingginya "status Tahta Untuk Rakyat, hingga bukan hanya pendidikan harus "nempel" di kerajaan ini, termasuk tanah yang digunakan di bulak sumur maupun perguruan WM di sekitar kraton. Para penuliespun lebih suka pinjam untuk nempel dengan "sugesti kraton" untuk menanamkan serta mencari inovasi/kreativitas bahannya. Contoh: Anda pernah mendengar : Condro LUcyto, Ronggo Warsito di Solo. Banyak dilahirkan karena sugesti tersebut, dengan tidak menganaktirikan karya Kagungan Dhalem yang tersebar di berbagai terbitan. kita menyadari, bahwa judulterbaru banayk namun jangan lupa dengan judul lama. Apakah manfaatnya tidak lupa denagn yang lama??

    Walaupun lama namun bisa berlogika tidak kalah dengan generasi muda, boleh dicoba.

    Jaman Now ada Artificial Intelegence, kita enggak mau kalah punya jugaa yang namanya itu. UI sebagai universitas yang dulu arsiteknya Presiden Soeharto, belum menedesain seperti ini, karena jaman itu teknologi belum dibuka kran impornya. Nah di era Insinyur Jokowi ini lah, kelihatannya berbeda, namun dulu sudah ada yang namanya kecerdasan buatan itu. Maka haruns ingat, bahwa moving kekinian, henadknya jangan lupa dengan ratu sejagad, karena punya juga, sehingga ingin menyatukan perasaan yang terpinggirkan. Maka banyak yang "sukanya sama", yakni ingin REuni terus, karena kangen suasana dulu jenuh momong anak/swami. Itu rahasianya, bahwa walaupun sudah menjadi pejabat masih suka ingin ketemu teman STM, contohnya.

    BalasHapus
  18. Cerita Nabi Sulaiman, anak sekarang sudah tidak tertarik, mereka asyik dengan artificial tadi, tidak masalah kalo mereka tidak ingin tahu namun bagaimana mengkolaborasikan, atau tidak merasa dikolaborasikan, itulah yang menjadi beban berat para orangtua sekarang. Mereka diberitahu bisa marah. Lalu ini bisa pelaung

    Jadi mereka harus tahu dengan sendirinya. Tantangan ahli pendidikan, walalupun ahli pendidikan ada yang belon tahu juga. Berat serta tidak mudah untuk menanamkan pemahamannya walaupun beliau sudah bisa mengkonsep kurikulum. Sebagaai contoh hal itu tidak mudah walaupun ada KTSP (kurikulum satuan tingkat pengajaran), itulah ada manfaatnay sekarang ada yang namanya belajar secara merdeka, bukan belajar merdeka. Contoh nyata belajar secara merdeka itu apa? Soal referensi, soal ide/kreativitas. Apakah referensi bisa menumpulkan kreativitas. Monggo dikaji.

    BalasHapus
  19. Dosen sudah ada yang namanya : Mimbar Akademik, prosesnya secara bertahap, ketika saya kuliah dekat dengan Mas Hendarto, drs. itu agak rikuh, beliau dari ibukota, eyangnya di Solo. Namun ketika dengan Mas Drs. Nurmadi biasa saja. Artinya, secara sosiologi, karakter mahasiswa terbawa hingga di kampus, namun setelah menghadapi mahasiswa/mahasiswi di STIEM Tangerang, saya harus pasang kuda kuda, mereka kebanyakan sudak bekerja hingga porsi teori mereka tidak terlalu fokus, hingga banyak digunakan strategi kompetensi afektif dalam mengajar. Contoh mengajar teori akuntansi secara praktis, peserta didik ini, harus diajari mengenal standar akuntansi secara praktis. Contoh: mengapa ada harga pokok produksi, mengapa ada harga pokok penjualan. Bagaimana kalo menjual tidak memperlihatkkan harga pokok produksinya. Nah maka inilah pentingya dosen memahami cara berkomunikasi di klas, agar strategi mengajarnya efektif. Kapan pakek strategi kognitip, kapan digunakan strategi afektif

    BalasHapus
  20. The best new slots in India 2021 - JTM Hub
    JTM 제주도 출장샵 Hub - the best new slots in India 화성 출장샵 2021. Find reviews and 여주 출장안마 compare the best 의왕 출장마사지 slots for Indian players ✓ Check the new slot 남양주 출장안마 game

    BalasHapus