Jumat, 26 Desember 2014

AYO TAMBAH WAWASANMU SEKARANG!

Jumlah media yang beredar di Indonesia saat ini sangatlah banyak. Koran, majalah, radio, televisi, dan sekarang sudah banyak juga media online, merupakan media yang paling banyak dan paling murah untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat. Walaupun tidak sulit untuk mendapatkannya, namun masih banyak mahasiswa yang kurang peduli terhadap pentingnya membaca berita. Berjuta informasi tersaji di sana, mulai dari berita olahraga, politik, ekonomi, pendidikan, sampai entertainment.

Di sini kami telah menyebarkan poling kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk seluruh jurusan maupun angkatan. Poling yang kami sebarkan berisi mengenai tingkat kepedulian mahasiswa terhadap isu-isu terkini baik yang selalu meluangkan waktu untuk membaca maupun yang jarang membaca berita terkini. Tingkat kepekaan kami ukur dari rutinitas membaca berita dan juga seberapa sering mahasiswa mendiskusikan dengan teman mengenai artikel yang telah dibaca. Kami juga ingin mengetahui mengenai bagaimana mahasiswa menyikapi apabila mereka membaca sebuah media yang dikenal cukup luas berpihak pada objek tertentu, dan juga jenis media apa yang sering dibaca oleh mahasiswa, serta jenis berita apa yang lebih mereka minati untuk dibaca. Hasil dari poling tersebut:

Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa FEB UNS secara random sampling dengan penyebaran quisionner sebanyak 101 mahasiswa
1. Tingkat keseringan mahasiswa dalam membaca berita.


 2.  Jenis media yang sering dibaca oleh mahasiswa, dibedakan antara media cetak dan media online.



3. Jenis portal yang dibaca oleh mahasiswa dibedakan antara berita politik, ekonomi, budaya/seni, olahraga, pendidikan, dan juga hiburan.



 4. Tujuan mahasiswa dalam membaca berita.



5. Tingkat rutinitas mahasiswa dalam membaca berita


6. Tingkat kesadaran mahasiswa terhadap kegunaan membaca berita. Di sini dari 101 sampel yang ada, semuanya sepenuhnya sudah sadar akan kegunaan membaca berita tersebut.
7. Tingkat keseringan mahasiswa dalam mendiskusikan isu/ berita terkini dengan teman/orang lain


8. Tingkat kepedulian mahasiswa terhadap berita yang ada


Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa ternyata rata-rata mahasiswa peduli dan selektif terhadap apa yang mereka baca. Tak jarang juga dari mereka yang sering membaca berita namun jarang mendiskusikannya kepada teman atau orang lain. Di sini juga terlihat bahwa kebanyakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS lebih sering untuk membaca berita ekonomi yang ada kaitannya dengan kuliah mereka. Hasil yang terlihat dari penyebaran quisioner yang telah dilakukan kepada 101 responden yaitu bahwa kebanyakan mahasiswa membaaca berita untuk menambah referensi mereka.

Sebagai mahasiswa kita harus terus menambah wawasan kita terhadap segala sesuatu, karena hal tersebut sangat berguna terutama bagi kalangan mahasiswa. Dengan membaca, kita dapat berimajinasi. Mengasah otak kiri merupakan hal yang penting karena dengan hal tersebut dapat melatih diri untuk bisa memusatkan pikiran. Disamping itu, kita juga bisa menjadi orang yang kritis dalam menanggapi sesuatu. Selain itu dengan membaca kita juga dapat mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain. Jadi, ayo tambah wawasanmu sekarang!



Penulis: Novianggra Widyasmara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar